|

Cara Membuat Klepon

Cara Membuat Klepon – Klepon adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang berbentuk bulat, berwarna hijau, dengan taburan kelapa dan isi gula merah.

Klepon

Klepon merupakan hidangan tradisional khas Indonesia. Hidangan ini berasal dari Jawa, tetapi dikenal juga di berbagai daerah di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan daun pandan atau suji untuk memberi warna hijau. Klepon diisi dengan gula merah yang meleleh saat dimasak, lalu dibaluri dengan kelapa parut. Klepon biasanya disajikan dalam daun pisang, dan dimakan sebagai camilan di pagi atau sore hari. Cemilan ini memiliki rasa yang manis dan kenyal, serta aroma yang harum dan segar. Makanan ini juga mudah dibuat dan murah, sehingga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Dibawah ini FULLTUTOR akan berbagi informasi.

Bahan-bahan Untuk Membuat Klepon

  1. 250 gram tepung beras ketan putih
  2. 50 gram tepung beras
  3. 1 sdm gula pasir
  4. 2 sdm minyak sayur
  5. 200 sampai 220 ml air pandan bisa di sesuaikan dengan tepung masing-masing
  6. 100 gram gula merah, di potong kecil-kecil
  7. 100 gram kelapa setengah tua parut
  8. 1 sdm garam

Cara Membuat Klepon

Berikut ini adalah cara membuat klepon yang bisa Anda lakukan dirumah:

Cara-Membuat-Klepon

  1. Campur rata kelapa parutnya dengan garam. Kukus sedikit lebih lama sekitar 10 sampai 15 menit supaya tidak terlalu cepat basi. Lalu sisihkan.
  2. Campurkan tepung ketannya, kemudian tepung beras dan juga gula pasir. Lalu tambahkan juga minyak sayur dan air pandan sedikit demi sedikit saja.
  3. Lumatkan sampai bisa dibulatkan.
  4. Ambil sedikit adonannya, lalu dipipihkan. Kemudian isi di bagian tengahnya dengan gula merah. Setelah itu bentuk seperti bola-bola. Lakukan langkah
  5. ini terus sampai adonannya habis.
  6. Masak air hingga mendidih. Kemudian rebus bola-bola sampai mengapung yang tandanya sudah matang. Lalu diangkat dan tiriskan.

Baca Juga : Tutorial Membuat Mie Godog

Tips Membuat Klepon yang Sempurna

  1. Takaran air harus sesuai dengan yang digunakan di resep. Jangan terlalu banyak, karena adonan kulit klepon akan terlalu lembek dan susah untuk dibentuk.
  2. Usahakan untuk menggunakan tepung ketan saat membuat klepon. Karena, adonan akan lebih kenyal dan padat, jadi bisa mudah dibentuk.
  3. Jangan isi klepon dengan terlalu kebanyakan gula merah, karena bisa membuat klepon pecah saat direbus.
  4. Rebus klepon sampai mengapung, lalu tunggu beberapa saat agar matang sempurna. Jika langsung ditiriskan, klepon bisa gembos.
  5. Gulingkan klepon di kelapa parut yang sudah dikukus dan diberi sedikit garam, agar tidak cepat basi dan lebih gurih.
  6. Anda juga bisa menambahkan variasi warna dan rasa pada klepon, misalnya dengan menggunakan ubi ungu, pandan, atau cokelat.
  7. Simpan klepon dalam wadah tertutup dan dinginkan di kulkas, agar tidak lengket dan awet.

Dengan mengikuti tips di atas Anda pasti akan bisa membuat Klepon yang lezat dan sempurna.

Variasi Klepon

  • Klepon coklat. Variasi ini menggunakan coklat bubuk atau coklat leleh sebagai bahan adonan atau isian klepon.
  • Klepon pandan dengan isi kacang hijau. Variasi ini menggunakan daun pandan sebagai pewarna dan pemberi aroma adonan klepon. Klepon pandan diisi dengan kacang hijau yang sudah dihaluskan dan dimasak dengan gula.
  • Klepon dengan tambahan taburan kinca. Variasi ini menggunakan serbuk kelapa parut manis yang disebut kinca sebagai taburan di atas klepon.
  • Klepon ubi ungu. Variasi ini menggunakan ubi ungu yang sudah dikukus dan dihaluskan sebagai bahan adonan klepon.
  • Klepon nangka. Variasi ini menggunakan buah nangka yang sudah dipotong dadu sebagai isian klepon. Klepon nangka memiliki aroma dan rasa yang khas dari buah nangka, serta tekstur yang lebih lembut dan juicy.

Ikuti terus 09dis.com untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya.

Similar Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *