Cara Membuat Cilok Kuah 

Cara Membuat Cilok Kuah – Cilok kuah adalah salah satu camilan khas Sunda yang dibuat dengan bahan dasar tepung aci.

Cara-Membuat-Cilok-Kuah

Cilok kuah bisa disajikan dengan berbagai macam kuah, seperti kuah seblak, kuah sambal hijau, kuah goang, dan lain-lain. Makanan ini memiliki rasa yang pedas, gurih, dan nikmat. Cilok kuah berasal dari Jawa Barat dan merupakan singkatan dari aci dicolok dalam bahasa Sunda, yang berarti kanji yang ditusuk dengan lidi.

Dibawah ini FULLTUTOR akan berbagi informasi

Cara Membuat Cilok Kuah

Bagi Anda yang suka dengan cilok kuah tapi bingung cara buatnya, simak Cara Membuat Cilok Kuah dibawah ini.

Cara-Membuat-Cilok-Kuah

  • Pertama, siapkan bahan-bahan untuk membuat cilok, yaitu tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, garam, daun bawang, dan sosis. Campurkan tepung tapioka dan tepung terigu dalam sebuah wadah, aduk rata. Tambahkan daun bawang yang sudah diiris ke dalam adonan. Rebus air, bawang putih yang telah dihaluskan, dan garam dalam panci kecil. Rebus hingga mendidih. Siram air rebusan ke dalam adonan tepung sambil diaduk hingga rata. Uleni hingga adonan elastis. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil, isi dengan potongan sosis. Didihkan air dalam panci besar, tambahkan 1 sdm minyak goreng. Rebus cilok hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  • Kedua, siapkan bahan-bahan untuk membuat kuah, yaitu bawang putih, bawang merah, cabai rawit, telur, air, garam, kaldu jamur, dan sayur caisin. Anda juga bisa menambahkan bumbu lain sesuai selera, seperti cabai merah, jahe, kencur, daun jeruk, santan, keju, atau ceker ayam. Panaskan sedikit minyak dalam panci, tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai rawit yang sudah dihaluskan dengan api sedang hingga harum. Tambahkan telur yang sudah dikocok, aduk rata. Masukkan cilok yang sudah direbus ke dalam tumisan. Tuang air ke dalam panci, aduk hingga rata. Tambahkan garam dan kaldu jamur, koreksi rasa. Tambahkan sayur caisin, masak hingga matang.
  • Ketiga, sajikan cilok kuah dalam mangkuk atau piring. Taburi dengan bawang goreng atau daun bawang jika suka. Nikmati cilok kuah selagi hangat.

Baca Juga : Tutorial Membuat Mie Ayam Rumahan Sederhana

Berbagai Macam Cilok Kuah

  • Cilok kuah seblak: Cilok kuah seblak adalah cilok yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari bumbu seblak, yaitu bawang putih, bawang merah, cabai cengek, telur, dan sayur caisin. Cilok kuah seblak memiliki rasa yang pedas, gurih, dan sedikit manis.
  • Cilok kuah sambal hijau: Cilok kuah sambal hijau adalah cilok yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari bumbu sambal hijau, yaitu cabai rawit hijau, cabai keriting hijau, kencur, bawang putih, bawang merah, daun bawang, telur, dan keju mozarella. Cilok kuah sambal hijau memiliki rasa yang pedas, segar, dan keju.
  • Cilok kuah goang: Cilok kuah goang adalah cilok yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari bumbu goang, yaitu cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lada, jahe, daun jeruk, kaldu, merica, dan gula putih. Cilok kuah goang memiliki rasa yang pedas, asam, dan gurih.
  • Cilok kuah daging: Cilok kuah daging adalah cilok yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari daging cincang, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kaldu, garam, dan penyedap rasa. Cilok kuah daging memiliki rasa yang gurih, lezat, dan bergizi.
  • Cilok kuah ceker: Cilok kuah ceker adalah cilok yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari ceker ayam, bawang putih, bawang merah, cabai rawit, jahe, serai, daun salam, daun jeruk, santan, garam, dan gula merah. Cilok kuah ceker memiliki rasa yang gurih, santan, dan harum.

Ikuti Terus 09dis.com untuk dapatkan informasi bermanfaat setiap harinya.

Similar Posts

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *